Indonesia Sukses Meraih Medali Emas di Kejuaraan Dunia Poomsae 2013

4 11 2013

Selamat untuk Tim Nasional Taekwondo Indonesia yang telah berhasil mendapatkan 1 emas, 2 perak dan 5 perunggu di Kejuaraan Dunia Poomsae 2013 Bali – Indonesia.

wtf world taekwondo poomsae championship bali 2013, www.wtf.org

wtf world taekwondo poomsae championship bali 2013, photo from: http://www.wtf.org

Ini salah satu berita tentang prestasi Tim Nasional Taekwondo Indonesia di Kejuaraan ini:

Kejuaraan Dunia Taekwondo Poomsae : Korsel Perkasa, Indonesia di Posisi 10

NUSA DUA, Pos Bali – Korsel masih terlalu perkasa dan tidak tergoyahkan dalam olahraga bela diri Taekwondo. Terbukti, dalam kejuaraan Dunia Taekwondo Poomsae ke 8 yang berlangsung, 31 Oktober – 3 Nopember di Hotel Westin, Nusa Dua, Badung, Bali, negara Ginseng ini memastikan sebagai juara dengan mengumpulkan tujuh medali emas dan empat perak. Vietnam yang bakal menjadi pesaing Indonesia pada SEA Games 2013 Myanmar mampu unjuk gigi dengan berada di urutan kedua dalam pengumpulan medali dengan tiga emas, tiga perak dan lima perunggu.

Dalam kejuaraan Taekwondo Poomsae tingkat dunia ke-8 ini,  Indonesia berada pada posisi 10 dengan memperoleh  1 emas, 1 perak dan 5 perunggu. Dalam pertandingan terakhir, Minggu (3/11) kemarin, kategori Freestyel dimenangkan oleh Vietnam dengan skor 8.2280., sedangkan dalam kategori male tim over 29  dikuasai  Philipina dengan skor 7.640, dan dalam kategori pamale under 59 dimenangkan oleh Korea dengan skor 7.880.

Saat ditanya kenapa kejuaraan Taekwondo Poomsae hanya diikuti 50 negara, TB. Ade Lukman, selaku Komite Olimpiade Indonesia menyatakan bahwa, “Kita lihat bahwa Indonesia, khususnya Bali lokasi geografisnya sangat jauh bagi banyak negara. Sebetulnya lebih dari 50 Negara ingin mengikuti kejuaraan ini. Saya berasumsi letak geografis dan juga pertimbangan ekonomi dari negara  peserta menjadi kendala yang mereka hadapi”ujarnya saat ditemui SKH. Pos Bali  seusai acara  penutupan.

Lukman juga menyatakan bahwa prestasi Indonesia saat ini sudah memenuhi target. “Kita ketahui, tahun lalu Indonesia cuma bisa memperoleh hanya mendapat 1 medali perunggu, sekarang sudah banyak peningkatan. Meskipun belum bisa menjadi juara umum, tapi prestasi kali ini bisa dibilang memuaskan” katanya. Medali emas Indonesia dipersembahkan pasangan Aulia Ramadhan dan Kevita Rizkia di kelas freestyle.  Sementara perak di tim putri U-17, dan lima perunggu dari kelas berpasangan junior, perorangan putri U-49 senior, perorangan putra U-29, tim putra U-29, dan tim freestyle campuran (mixed). “Hasil satu emas itu sudah cukup menyenangkan bagi kami, ini pertama kali atlet Indonesia menjadi juara dunia di Poomsae,” kata manajer tim poomsae Indonesia Laras Sumarna.

Sementara itu, Pengurus Besar Taekwondo Indonesia mendapat apresiasi positif dari presiden WTF atas penyelenggaraan Kejuaraan Dunia Taekwondo Poomsae WTF ke-8 di Nusa Dua, Bali. “Kami senang, presiden WTF dan para pimpinan taekwondo negara-negara peserta memberi apresiasi terhadap penyelenggaraan kejuaraan dunia poomsae di Bali ini,” kata Ketua Umum PB TI Marciano Norman, Minggu (3/11) kemarin  di Nusa Dua, Bali.

Menurut Marciano Norman, apresiasi itu menjadi modal yang baik untuk ke depan Indonesia bisa kembali ditunjuk sebagai event-event besar taekwondo. “Kami berharap kegiatan besar internasional taekwondo lainnya bisa kembali berlangsung di Indonesia,” tambah Ketua Umum PB TI. Sementara itu ketika disinggung tentang prestasi Indonesia di kejuaraan dunia poomsae di Bali, Ketua Umum PB TI mengatakan bahwa atlet telah menunjukkan kerja keras. “Sampai hari terakhir ini (Minggu) perolehan satu medali emas itu sudah menunjukkan kerja keras,” katanya. Dikatakannya, kejuaraan dunia poomsae di Bali ini, Indonesia banyak menurunkan atlet junior. “Intinya yang junior itu juga akan menjadi senior, mereka butuh pembinaan untuk bisa mengikuti event-event dunia,” katanya. Marciano Norman juga mengharapkan, pengprov PB TI ikut menjaring dan menyeleksi atlet-atlet berbakat yang ada di daerah-daerah. “Perlu pencarian bibit dan penyaringan atlet berbakat di daerah,” tambahnya.

Sumber:  http://www.posbali.com

Link: http://posbali.com/kejuaraan-dunia-taekwondo-poomsae-korsel-perkasa-indonesia-di-posisi-10/


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: