Pengcab TI Kota Depok – Dari Kesederhanaan Menuju Prestasi Gemilang

21 03 2009

Pengurus Cabang Taekwondo Indonesia (Pengcab TI) Kota Depok didirikan pada tahun 1999, diprakarsai beberapa pelatih (bahasa Korea: Sabeum) yakni Indra Gunawan, Abdul Rahman, Supriyantoro, Edy Sulistyo, Deni Wahyudi Akbar, Rusli Biantoro, Jackson Renold, M. Nasihin, dan Lilo Kresno Yudho.

Pada awalnya anggota Pengcab TI Kota Depok hanya terdiri dari 4 (empat) unit latihan yaitu Pesona Khayangan (Kecamatan Sukmajaya), Permata Puri (Kecamatan Cimanggis), Griya Tugu Asri (Kecamatan Cimanggis), dan Bukit Cengkeh (Kecamatan Cimanggis).

Kendari hanya bermodalkan jumlah atlit yang sedikit dan kondisi keuangan yang memprihatinkan, kontingen taekwondo Kota Depok tetap bisa mengukir prestasi meraih 2 medali emas dan 2 medali perunggu pada Kejuaraan Daerah (Kejurda) Jawa Barat di Kota Bandung tahun 2000.  Setahun kemudian kontingen Taekwondo Kota Depok membawa pulang 1 (satu) medali perak pada Pra Junior  & Junior Taekwondo Championship Indonesia Open yang dihadiri berbagai tim dari seluruh Indonesia dan Korea Selatan.

Tim Taekwondo Depok bersama Ketua Koni Depok & Walikota Depok

Tim Taekwondo Depok bersama Ketua Koni Depok & Walikota Depok

Selama perjalanannya, kehidupan organisasi Pengcab TI Kota Depok mengalami pasang surut. “Kami menyadari banyak personil pengurus yang masih harus belajar bagaimana menjalankan roda organisasi, terlebih lagi dalam kondisi dari pemerintah dan KONI pada saat itu yang masih sangat minim, “jelas salah satu pengurus sekaligus penggagas Pengcab TI Kota Depok Jackson Renold.

Tahun demi tahun, meski berawal dari kesederhanaan,  Pengcab TI Kota Depok terus meraih prestasi. Hingga tahun 2006, kontingen taekwondo Kota Depok semakin memperlihatkan kemajuan dan muncul sebagai kekuatan baru yang tidak bisa dipandang remeh oleh kontingen dari Kabupaten/Kota lain di Jawa Barat.

Asep Kurniawan bersama Sbn. Abdul Rahman

Asep Kurniawan bersama Sbn. Abdul Rahman

Sejak saat itu pula, atlet Taekwondo Kota Depok mulai berbicara di kancah nasional. Sebut saja Asep Kurniawan, dipercaya memperkuat Tim Nasional Indonesia pada Kejuaraan Asia di Zheng Zhou Cina. Hingga akhirnya, tahun lalu kontingen Kota Depok berhasil mengembalikan kejayaannya dengan raihan 2 medali emas, 4 medali perak dan 5 medali perunggu pada Kejurprov Jabar Open di Cilodong.

Kini Pengcab TI Depok dipimpin Ibu Nyoman Yuyun Wahyuni, SS., M.Si hingga 2014. Semoga berjaya (Jackson Renold/Andree)

Sumber: Buletin Depok Gemilang (KONI Depok)


Actions

Information

4 responses

22 03 2009
Ira

Maju terus Taekwondo Depok

23 03 2009
dio

mantab dah taekwondo Depok…

28 03 2009
Perry

Iya pengcab TI kota depok emang sederhana (pernah ikut ngalamin…ya bem jackson?) tapi dari dulu juga selalu disegani di daerah yang menjadi kiblat Taekwondo Indonesia: Jawa Barat! Ini karena pembinaan di lapangan terus berjalan, meski di kepengurusan selalu terbelit masalah, terutama dana. tapi nggak tahu deh, kondisi ‘real’-nya sekarang, semoga aja lebih baik, kan pengurusnya plus ketuanya dah baru, harusnya bisa lebih baik! maju terus!

13 10 2013
sri wullan

Saya dulu pernah ikut sudah sabuk merah klw ♏αϋ ikut lg bs ga pakai sabuk tu saya punya sertifikat kukiwon oh ♈ªª kenal sama sabeum igun Й sabeum abdul rahman (ozi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: