Emas Perdana Afghanistan

21 08 2008
Rohullah Nikpai

Rohullah Nikpai

KABUL – Afghanistan berhasil membuat kejutan di Olimpiade Beijing 2008. Itu setelah atlet mereka Rohullah Nikpai meraih emas di cabang Taekwondo -58kg putra.

Nikpai meraih medali itu, setelah mengalahkan atlet Taekwondo andalan Spanyol, Juan Antonio Ramos. Praktis, kemenangan ini disambut suka cita oleh masyarakat Afghanistan yang menyaksikan pertandingan itu di Kabul melalui televisi.

“Saya sangat bahagia. Bahkan, saya tidak bisa mengungkapkan perasaan saya dengan kata-kata,” ungkap salah seorang warga Afghanistan, Mohamad Akbar (33 tahun) seperti dilansir AP, Kamis (21/8/2008).

Nikpai mulai mempelajari tehnik bela diri asal Korea Selatan itu, sejak dia berusia 10 tahun. Ketika itu, abang Nikpai menemukan sebuah klub yang bisa mengajarinya Taekwondo.

“Saya harap hal ini bisa membuat negara saya menjadi damai, setelah berperang selama 30 tahun. Saya latihan dengan situasi yang tidak sama seperti dialami negara lain,” ujar Nikpai.

Alhasil atas prestasinya ini, Presiden Afghanistan Hamid Karzai secara langsung mengucapkan selamat kepada atlet 21 tahun itu dan memberikan sebuah rumah untuk dia dan keluarganya.

Selamat Afghanistan dan Nikpai!

Sumber: http://www.okezone.com


Actions

Information

Leave a Reply

