Atlit Taekwondo Andalan Kota Depok Dicurangi Tuan Rumah

14 07 2008

Rupanya semangat olahraga dengan mengutamakan sportifitas telah tercoreng di PON XVII di Kaltim. Asep Kurniawan, atlit taekwondo kota Depok yang membela Jawa Barat pada PON kali ini harus tersandung langkahnya di babak semi final, setelah bertemu Sandy, atlit tuan rumah (Kaltim).

Dari ronde awal Asep terlihat mendominasi jalannya pertandingan, atlit tuan rumah sempat ketinggalan point jauh dari Asep, tapi di ronde ketiga, faktor non teknis pun terjadi, yaitu kecurangan wasit yang memimpin jalannya pertandingan. Asep melakukan serangan yang gencar tetapi yang mendapakan point justru lawannya. Sampai-sampai perolehan point seri dan harus diadakan babak tambahan (sudden death), di babak penentuan ini siapa yang paling cepat mendapatkan point akan keluar sebagai pemenang. Asep langsung menyerang tetapi tendangan yang harusnya mendapatkan point malah tidak dihitung oleh wasit, sedangkan giliran atlit tuan rumah melakukan tendangan counter attack yang harusnya tidak mendapatkan point malah dihitung. Alhasil Asep kalah dari atlit tuan rumah dan harus puas mendapatkan medali perunggu.

Pihak Jawa Barat langsung protes kepada panitia sambil menunjukan rekaman pertandingan tetap saja tidak ditanggapi, Asep yang optimis akan meraih medali emas harus menerima kekalahan yang menyakitkan ini, bukan dikalahkan lawan tetapi dikalahkan oleh wasit yang tidak objektif.

“Di Indonesia, sportifitas olahraga rupanya belum benar-benar ada, kecurangan yang terjadi bisa berdampak buruk bagi atlit dapat dan bisa mematahkan semangat mereka, perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan bertahun-tahun harus kandas karena adanya kecurangan.” ujar Sabeum Nim Abdul Rahman, pelatih Asep Kurniawan, beliau yang mendidik Asep dari awal sangat menyayangkan hal ini.

Mungkin kasus ini merupakan salah satu yang akan menjadi evaluasi dari panitia PON XVII, kami semua mengharapkan hal-hal seperti ini tidak terjadi di event-event lainnya. Maju terus olahraga Indonesia dan junjung tinggi sportifitas.


Actions

Information

3 responses

14 07 2008
ariezone 8-1

tetep SEMANGAT sabeum Asep…
saia yakin sabeum yang terbaik…

7 04 2009
faisal akbar

taekwondo memang saya gemari, tapi saya agak sulit ngedapatin video taekwondo produk indonesia gimana yah caranya?

9 04 2009
resty dan dheta

2″ cmua derita loe…
bkn mksd q ngina…
kan TUHAN yg tentuin………
klu mau menang
tawakal dan serahkan cmuax ma yg di atas,
mgkn yg crangi mu psty tar d bls ma qt 2,huhuhu
ga kok cm kidding aj koq,mksdx TUHAN yg bls,klu mau qt 2 bnt lwt doa,dn pake tndngn deol’o chiki mau ga………….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: